SERTIFIKAT OKEO TEX & WRAP

BERBAGAI SERTIFIKASI UNTUK AUDIT YANG SUDAH PERUSAHAAN RAIH

1. SERTIFIKAT OEKO TEX



SERTIFIKAT OEKO TEX
 
Kata Oeko-tex berasal dari bahasa Perancis dengan penyebutan yang benar : “U Ko Teks”

Oekotex sendiri adalah nama dari standar pengujian badan independen terhadap barang-barang tekstil. Mulai dari bahan bakunya (benang), barang setengah jadi (kain polos belum proses), bahan baku pendukung (tinta/resin/kimia), sampai ke barang jadi (baju, dress, sprei, dll).
Pengujian ini dilakukan agar dapat memastikan konsumen yang menggunakan produk tekstil aman dari zat kimia yang berbahaya, antara lain seperti: Alkylphenols, Phthalates, Bromida, Azo Dyes, Senyawa Organotin, logam berat, dan masih banyak lainnya yang sampai saat ini masih bisa ditemukan pada kain yang kita pakai sehari-hari.
Pengujian ini tidak semata-mata mengirimkan barang untuk diuji di lab, tetapi juga ada audit proses produksi dan perlakuan terhadap produk tekstil.
Menurut Arlie, standar ini akan menjadi tren yang wajib digunakan para entrepreneur jika akan terjun ke dunia tekstil. Karena tidak hanya perusahaan besar yang sudah mewajibkan adanya standar Oeko-tex, sekarang para konsumen pun sudah mulai sadar akan pentingnya keamanan atas produk yang mereka kenakan di tubuh mereka.


2. SERTIFIKAT WRAP


WRAP adalah program sertifikasi independen terbesar di dunia yang terutama berfokus pada sektor pakaian jadi, alas kaki, dan produk dijahit.

Menjadi fasilitas bersertifikat WRAP melibatkan lebih dari sekedar melewati audit. Kami mengambil pendekatan kolaboratif untuk sertifikasi kepatuhan sosial di mana kami bekerja dengan fasilitas kami untuk memastikan bahwa mereka tetap sesuai dengan 12 Prinsip kami. Namun, hal ini mensyaratkan bahwa semua fasilitas kami secara aktif terlibat dalam proses itu sendiri dan memastikan bahwa sistem manajemen yang efektif dipelihara untuk memastikan persyaratan kepatuhan terpenuhi.TINGKAT SERTIFIKASI
PLATINUM (Berlaku selama 2 tahun)

Sertifikasi Platinum diberikan kepada fasilitas yang telah menunjukkan kepatuhan penuh dengan 12 Prinsip WRAP untuk 3 audit sertifikasi berturut-turut. Fasilitas Platinum harus berhasil lulus setiap audit tanpa tindakan korektif atau observasi dan mempertahankan sertifikasi berkelanjutan tanpa celah di antara periode sertifikasi.
EMAS (Berlaku untuk 1 tahun)

Sertifikasi emas adalah tingkat sertifikasi WRAP standar, diberikan kepada fasilitas yang menunjukkan kepatuhan penuh dengan 12 Prinsip WRAP.
SILVER (Berlaku untuk 6 bulan)

Suatu fasilitas dapat meminta sertifikat Perak jika audit menemukan bahwa hal itu sangat sesuai dengan 12 Prinsip WRAP, tetapi mengidentifikasi ketidaktaatan dalam kebijakan, prosedur, atau pelatihan yang harus ditangani. Fasilitas mungkin tidak memiliki "bendera merah" ketidakpatuhan (termasuk pekerja anak; kesehatan yang serius, keamanan, atau masalah lingkungan; penjara, dipaksa, atau tenaga kerja paksa, atau pelecehan atau penyalahgunaan karyawan) dan harus menunjukkan bahwa karyawan dibayar setidaknya upah minimum resmi dan kompensasi lembur yang diperlukan. Fasilitas yang mencari Sertifikat perak harus meminta mereka secara tertulis dari kantor pusat WRAP, mengirimkan rencana tindakan korektif yang mencakup setiap bukti perbaikan bersama dengan permintaan tersebut. The WRAP Review Board juga dapat merekomendasikan sertifikat Perak jika fasilitas telah menunjukkan kesulitan dalam mencapai kepatuhan penuh atau memiliki faktor risiko lain yang dapat mencegahnya dari mempertahankan kepatuhan untuk durasi penuh sertifikat Emas. Semua fasilitas Bersertifikat Perak memenuhi syarat untuk memperbarui pendaftaran WRAP mereka dengan biaya yang dikurangi sebesar US $ 895, asalkan mereka mengajukan permohonan kembali sebelum berakhirnya sertifikat mereka. Fasilitas dapat diberikan tidak lebih dari 3 sertifikat Perak berturut-turut.

WRAP secara aktif berpartisipasi dalam atau berhubungan dengan salah satu di bawah nol masalah Toleransi, pabrik akan secara otomatis decertified (jika ada) dan dilarang dari program WRAP di semua kapasitas tanpa pilihan untuk kembali atau disertifikasi di masa depan.
• Pelanggaran hak asasi manusia yang disengaja dan berkelanjutan termasuk:
○ Pekerja anak, termasuk bentuk-bentuk pekerjaan terburuk untuk anak (perbudakan, kerja paksa, trafficking, perbudakan, perbudakan utang, prostitusi, pornografi, pekerjaan yang melibatkan anak-anak dalam kegiatan terlarang, atau pekerjaan yang mungkin membahayakan anak secara fisik atau moral)
○ Kerja paksa (buruh yang terikat, tidak mengizinkan pekerja untuk pergi atas kemauannya sendiri, dipaksa untuk bekerja lembur)
○ Perlakuan tidak manusiawi (penggunaan ancaman kekerasan fisik atau intimidasi ekstrem, hukuman fisik, pemaksaan mental atau fisik)
• Tindakan tidak etis yang mendorong auditor untuk mengkompromikan integritasnya
• Mengancam bahaya fisik terhadap tim audit
• Representasi palsu dari sertifikat atau laporan audit (yaitu diubah atau sertifikat atau laporan palsu)
• Representasi yang salah dari proses produksi (yaitu menyembunyikan lantai produksi penuh / sebagian dan / atau proses dari auditor)Ada tiga tingkatan sertifikasi WRAP - Platinum, Gold dan Silver. Sertifikat yang diterbitkan untuk fasilitas ditentukan oleh WRAP dan bergantung pada sejauh mana audit menunjukkan kepatuhan penuh dan komitmen manajemen terhadap Prinsip-Prinsip WRAP.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SERTIFIKAT OKEO TEX & WRAP"

Posting Komentar