SERTIFIKAT BPJS & BSCI

BERBAGAI SERTIFIKASI UNTUK AUDIT YANG SUDAH PERUSAHAAN RAIH


1. SERTIFIKAT BPJS KETENAGAKERJAAN
 
Apa Itu Pengertian BPJS Ketenagakerjaan
BPJS Ketenagakerjaan adalah sebuah jaminan sosial dan proteksi ( perlindungan ) bagi pekerja Indonesia maupun pekerja asing yang bekerja di Indonesia sekurang-kurangnya enam bulan.
BPJS Ketenagakerjaan itu sendiri merupakan hasil transformasi dari PT Jamsostek. Sebelumnya PT Jamsostek inilah yang mengurusi masalah proteksi dan jaminan sosial ketenagakerjaan di Indonesia yang bertanggung jawab kepada presiden.
Dengan transformasi tersebut, seluruh kegiatan dan program-program dari PT Jamsostek dialihkan ke BPJS Ketenagakerjaan sehingga tidak perlu lagi melakukan pendaftaran ulang bagi peserta Jamsostek.
Program BPJS Ketenagakerjaan

Apa saja program BPJS ketenagakerjaan? BPJS Ketenagakerjaan memiliki 6 program dengan manfaat yang berbeda setiap masing-masing programnya. Berikut ini program tersebut :

1. Program Jaminan Hari Tua ( JHT )

Program ini ditujukan bagi pekerja sebagai tabungan ketika memasuki masa pensiun ( 56 tahun ).

    Berapa iurannya?

Untuk iuran setiap bulannya adalah 5,7% dari total gaji yang diterima pegawai atau pekerja dengan rincian, 2% dibayar oleh pekerja dan 3,7% dibayar perusahaan atau pemberi kerja.
Pembayaran paling lambat tanggal 15 setiap bulannya, jika terjadi keterlambatan maka dikenakan denda 2% untuk tiap bulan keterlambatan.

    Apa Manfaat Program Jaminan Hari Tua ( JHT )?

Peserta JHT akan menerima uang tunai dibayar sekaligus yang besarnya sesuai jumlah iuran ditambah dengan hasil pengembangannya. Uang tersebut diberikan apabila peserta mencapai usia 56 tahun, meninggal dunia, dan cacat total tetap.

JHT juga bisa diambil sebagian jika peserta mencapai kepesertaan selama 10 tahun dengan ketentuan :

    Diambil 10% dari total saldo sebagai persiapan pensiun
    Diambil 30% dari total saldo untuk keperluan KPR ( perumahan )

Namun perlu diketahui bahwa pengambilan sebagian tersebut hanya bisa dilakukan sekali selama menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

    Bagaimana Jika Peserta Meninggal Dunia?

Jika peserta JHT meninggal dunia, maka manfaat JHT akan diberikan kepada ahli waris dari peserta:

    Suami / istri
    Anak
    Orang tua, cucu
    Saudara Kandung
    Mertua
    Pihak yang ditunjuk pada wasiat
 



1. SERTIFIKAT BSCI




BSCI Didirikan pada tahun 2002 oleh lembaga industri Foreign Trade Association yang bertujuan untuk membangun sarana lintas industri yang umum untuk memantau kepatuhan sosial dalam rantai pasokan global. BSCI memiliki basis keanggotaan yang besar, terutama di kalangan Retailer Eropa. BSCI mencakup unsur-unsur sistem manajemen sosial, keterlibatan dan perlindungan pekerja, kebebasan berserikat dan hak untuk melakukan perundingan bersama, larangan diskriminasi, remunerasi yang adil, jam kerja yang layak, kesehatan dan keselamatan di tempat kerja, larangan tenaga kerja anak-anak, perlindungan khusus untuk pekerja muda, larangan kerja paksa dan tindakan disipliner.

BSCI bekerja sama dengan lebih dari 1.500 anggota perusahaan yang berpartisipasi. Sebagian besar perusahaan-perusahaan ini dari negara Eropa, terutama negara Jerman memiliki jumlah anggota terbesar. BSCI mengkoordinasikan ribuan audit setiap tahun yang mencapai jutaan pekerja. Banyak audit dilakukan oleh BSCI di Asia Timur dan Selatan.

Manfaat BSCI

BSCI mengevaluasi kemajuan perusahaan anggotanya melalui audit, protokol audit BSCI menunjukkan komitmen terhadap perlakuan etis terhadap tenaga kerja di seluruh keseluruhan rantai pasokan. Manfaat yang diperoleh dari penerapan BSCI meliputi:

    Anggota BSCI memiliki akses eksklusif ke database BSCI.
    Hubungan dengan Supplier dan reputasi yang lebih baik.
    Supplier dapat menghindari beberapa audit melalui pengakuan dari berbagai anggota BSCI.
    Meningkatkan kesadaran akan kondisi kerja dan etika audit.
    Penilaian hasil audit yang jelas.
    Memanfaatkan hasil yang baik dalam audit BSCI untuk mendapatkan kemudahan.

Penilaian

BSCI meminta anggotanya untuk melakukan audit produksi minimum dengan menggunakan auditor SA8000 yang diakreditasi oleh Social Accountability Accreditation Services. Selain audit, BSCI berfokus pada tindakan perbaikan melalui pelatihan dan pengembangan kapasitas bagi Supplier dan perusahaan yang berpartisipasi. Jika sebuah pabrik tidak memenuhi syarat maka dapat dilakukan audit ulang.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SERTIFIKAT BPJS & BSCI"

Posting Komentar